7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Banyak teman-temanku bertanya, "Bagaimana cara cepat belajar bahasa Inggris?" atau "Cara mudah belajar bahasa Inggris bagaimana?" atau ungkapan-ungkapan sejenis.
Teman, tidak ada proses yang instan. Yang instan-instan itu gak baik. Hehehehehehehehe... Tapi, mie instan yang katanya instan pun butuh proses kok. Pertanyaannya mau atau tidak menjalani prosesnya?

Belajar bahasa Inggris berarti belajar skill atau keterampilan. Ia tidak datang dengan sendirinya. Keterampilan bahasa Inggris harus dilatih. Anda akan terampil jika mempraktekkannya.

Berikut 7 cara mudah belajar bahasa Inggris menurut pengalaman saya:

1. Miliki keinginan kuat untuk bisa 

Ketika ada keinginan yang kuat untuk bisa maka timbul kemauan. Saya dulu sangat tidak suka bahasa Inggris, tetapi saya kesasar kuliah di jurusan Sastra Inggris. Aneh bukan? Iya, karena saya waktu itu iseng-iseng, ternyata diterima. Saya tidak tahu apa yang dosen katakan, sementara teman-teman bisa mengikuti apa yang dosen ajarkan. Setres? Tentu saja. Dari situ saya akhirnya punya keinginan kuat agar saya bisa. Saya harus bisa. Dan dari situ muncul ide-ide bagaimana agar saya mau belajar.

2. Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris akan sangat membantu Anda agar cepat bisa menguasai bahasa Inggris. Karena dengan mendengarkan tentu timbul keinginan untuk mengetahui apa isi dari lagunya. Jika kesulitan mencari kata-kata yang dinyanyikan, cari diinernet dengan kata kunci judul lagunya, misalnya lagunya Bryan Adams yang judulnya Heaven, ketikkan saja "Heaven lyrics by Bryan Adams" lalu print dan simak. Jika tidak tahu artinya buka kamus. Dengan cara seperti itu nanti akan tahu, oh cara melafalkan kata seperti ini begini, oh ini artinya ini. Dan itu pun secara otomatis akan menambah perbendaharaan kata. 

"Tapi aku tidak suka lagu Inggris, aku sukanya lagu campursari koplo." Anda ingin bisa bahasa Inggris atau ingin mahir mendengarkan lagu campursari koplo?

3. Membaca teks bahasa Inggris dan mencoba menterjemahkan

Ketika saya merasa kesulitan belajar bahasa Inggris, padahal saya kuliah di jurusan Sastra Inggris, saya justru berpikir bagaimana caranya agar saya bisa. Saya paksakan diri menjadi penterjemah. Percaya tidak? Pertama kali menterjemahkan dua lembar saya butuh waktu 2 hari. Buka kamus berulang kali, tetapi hasil terjemahannya tetap saja terasa lucu, kalimatnya rancu. Tetapi percaya atau tidak percaya dengan itu menambah kosa kata dan makin mengerti artinya.

4. Buka kamus setiap hari

Jika Anda membeli kamus, belilah kamus yang bagus. Saya sangat merekomendasikan beli kamus Inggris Indonesia dan Indonesia-Inggris karya Hasan Sadily dan John Echol. Jangan beli kamus yang tulisannya 15 milyar, 25 milyar kata, dan sebagainya. Itu semua bohong. Entri kata dalam bahasa Inggris hanya ada 360 ribu kata, bukan 1 juta kata, apalagi milyaran. 

Dengan membuka kamus, dan membacanya paling tidak akan terekam beberapa kata yang mungkin sebelumnya Anda tidak tahu. Di kamus itu juga ada cara membacanya. Jika tidak tahu cara membacanya, tanyakan pada yang bisa. Jika tidak ada, buka kamus online oxford, http://www.oxforddictionaries.com, di Anda bisa menuliskan kata lalu klik ikon speaker. Nanti Anda bisa tahu cara membacanya.

5. Praktekkan yang sudah Anda kuasai 

Dalam bahasa itu ada empat skill, yaitu listening (menyimak), speaking (bicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Praktekkan apa yang sudah Anda dengar dengan cara digunakan untuk bicara, atau untuk membaca atau menulis. Jangan hanya dibaca dalam hati. Ini keterampilan bahasa, yang diukur dari keerampilan tindakan, yakni mendengarkan, bicara menulis, dan membaca.

6. Cari komunitas bahasa Inggris

Empat kemampuan bahasa itu harus dikuasai jika Anda ingin bisa bahasa Inggris. Anda sudah menyimak dan membaca, tetapi tidak pernah praktek untuk bicara atapun menulis, ya akhirnya jadi pemikir saja. Padahal bahasa terlihat sekali dari cara bicara dan menulis. Jadi cari komunitasnya. Interaksi. Semakin sering berinteraksi semakin cepat Anda menguasai bahasa Inggris.

7. Hidupkan bahasa Inggris dalam kehidupan

Artinya, ketika hendak melakukan apapun, lakukan dalam bahasa Inggris. Misalnya lagi santai tiba-tiba terasa lapar dan Anda ada di rumah. Langsung saja bilang, "I am hungry." Lalu ke dapur. Di dapur menemukan nasi saja dan ada beberapa bumbu mentah, lalu katakan, "Aha... I am going to make a plate of a fried rice."

Lalu ketika mencari pisau untuk mengiris bawang kok tidak ketemu-ketemu, bicara saja, "Where are knife?" dan seterusnya. Seperti orang gila ya? Iya, karena bicara sendiri dan tidak dimengerti oleh semua orang. Tapi masalahnya Anda ingin bisa bahasa Inggris atau tidak? 

Bagaimana teman, siap? Jadi tidak ada cara cepat dan cara mudah belajar bahasa Inggris, secepat kilat. Ada proses. Itu adalah 7 cara cepat belajar bahasa Inggris yang saya lakukan. Itulah 7 cara mudah belajar bahasa Inggris yang saya lakukan.

Saya butuh waktu 5 tahun untuk menyelesaikan belajar saya di jurusan Sastra Inggris, dan itu bagiku sangat cepat dibandingkan saya menguasai bahasa Sunda. Saya tinggal di Bogor, yang notabene lingkungannya berbahasa Sunda lebih dari 10 tahun, tapi saya tidak bisa bahasa Sunda? Kenapa? Karena saya tidak melakukan 7 cara di atas. Saya mengerti orang bicara bahasa Sunda, saya bisa membaca bahasa Sunda, tapi saya kesulitan bicara bahasa Sunda, dan saya juga tidak pintar menulis bahasa Sunda.

Semoga 7 cara cepat belajar bahasa Inggris ini membantu ya. Selamat belajar.

NB: Saya sedang membuat blog khusus tentang bahasa Inggris DI SINI