Akibat dari Pengkhianatan: Ketika Orang yang Anda Sayangi Berkhianat!

Cukup buruk ketika orang yang tidak begitu Anda kenal ataupun musuh Anda mengkhianati, namun jika seseorang yang Anda percaya misal teman, mitra kerja, pasangan hidup yang berkhianat, teramat sangat menyakitkan. 

Mungkin rasanya Anda tertipu, terhina, benci, atau ditikam dari belakang. Seringkali pengkhianatan itu datang tanpa kita duga sama sekali. Itulah mengapa pegkhianatan sangat menyakitkan. Anda tidak menduga anda akan merasakan sakit yang teramat sangat dari orang yang Anda percayai itu. Jadi yang tersisa dari kepercayaan itu hanyalah rasa sakit yang teramat sangat.


Siapa pun yang mengalami pengkhianatan dalam hubungan merasakan betapa sulitnya untuk pulih dari pengalaman itu. Orang yang Anda pikir bisa Anda percayai dan Anda andalkan tidak lagi bisa menjadi orang yang Anda percayai. Anda akan selalu bertanya ada apa? Apa yang salah dengan semuanya sehingga ia berbuat seperti itu? 

Mungkin hubungan Anda berubah dan begitu juga kesetiaannya kepada Anda. Mungkin salah satu dari Anda bahkan Anda berdua berubah sehingga ia tidak lagi peka terhadap Anda. Atau mungkin juga Anda berdua bertumbuh menuju ke arah yang berbeda. 

Ada banyak alasan yang menyebabkan orang untuk berkhianat. Kadang-kadang ia dengan sangat sengaja untuk menyakiti Anda. Dan kadan-kadang juga merupakan konsekuensi dari pilihan Anda. 

Mementingkan diri sendiri bisa menyebabkan orang untuk mengabaikan hubungan yang pernah dibangun dan dihormatinya. Mungkin ia menganggap hubungan itu sudah berlalu dan tidak lagi penting. Perasaan berubah. Dan ketika perasaan berubah maka ia akan melakukan tindakan yang ia sukai. 

Seorang individu yang merasa kebutuhannya tidak terpenuhi dalam suatu hubungan mungkin mengaggap bahwa hubungannya dengan pasangannya bukan lagi investasi yang menguntungkan atau layak dilanjutkan. Oleh karena itu, ia berusaha mendapatkan pemenuhan kebutuhan di tempat lain. Hubungan pun berubah. Akhirnya berpisah dan kesempatan untuk berkhianat pun muncul.

Pengkhianatan adalah kekuatan yang merusak yang meninggalkan banyak puing di jalanan. Pengkhianatan mengubah segalanya. Hubungan dan semua yang berkaitan dengan itu tidak akan pernah sama lagi seperti sebelumnya. 

Kerusakan dapat diperbaiki. Kepercayaan hilang. Luka menganga. Kemarahan pun berkembang. Hati, dinding pelindung diri yang dibangun pun hancur. Sakit berkepanjangan dan abadi pun bersemi. Dan kita pun bertanya-tanya "Bisakah kepercayaan itu dikembalikan?" "Apakah luka ini akan sembuh?" "Apakah kemarahan tidak akan ada lagi?" "Bisakah hati yang hancur bisa diperbaiki?" "Apakah rasa sakit akan pergi?"

Pengkhianatan tidak hanya mengubah bubungan, ia pun mengubah individu-individu itu. Sesuatu terjadi dalam diri mereka. Ia yang mungkin merasa akan sulit untuk bisa percaya lagi. Mungkin mereka akan lebih berjaga-jaga karena mereka takut kecewa lagi. 

Mereka bisa belajar untuk menjadi lebih cerdas dan tidak naif. Harapannya terhadap orang lain mungkin berubah. Mereka selalu bercermin pada pengalaman hubungannya dan belajar dari kesalahan itu. Mereka mungkin mencoba mengerti, berempati, dan memaafkan, meskipun sulit. Mereka mungkin termotivasi untuk tumbuh dari pengamalan itu dan belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan orang lain.

Rasa sakit akibat pengkhianatan sangat nyata dan sangat berdampak besar pada kehidupan semua orang yang mengalaminya. Ini adalah suatu pengalaman yang sangat menyakitkan yang memiliki kekuatan untuk mengubah hati orang dan mengubah kehidupannya selamanya. 

Jika Anda pernah dikhianati, Anda tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi atau pun membuang jauh-jauh rasa sakit akibat pengkhianatan itu. Anda butuh waktu untuk berdukan, marah. Anda perlu waktu untuk untuk terhibur dan tersemangati. 

Anda juga butuh waktu untuk mengembalikan kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain. Pengkhianatan itu sakit dan tidak ada cara cepat untuk menyembuhkannya. Dibutuhkan dari sekedar waktu. Dibutuhkan hati yang tidak akan mengeras. Dibutuhkan komitmen untuk percaya pada orang lain lagi. Hubungan berubah sebagai akibat dari pengkhianatan, tetapi akhrinya bagaimanapun juga anda alami itu penting.