Berbakti Kepada Orang Tua Tak Kenal Batas, Tak Peduli Semulia Apapun Kamu!


Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban bagi siapapun, tidak peduli seberapa pun kaya, serapapun kemuliaan, dan seberapa tenar pun kita. Sebuah kisah dari Kampung An Ngai A, Desa An Thanh, Kabupaten Thanh Pu, Vietnam, di mana seorang kakek tua berusia 85 yang setiap hari menunjukkan baktinya kepada ibunya yang sudah usia sangat renta, 113 tahun. 

Menggendongnya tanpa alas kaki
Nguyen Van Duc, seorang anak usia 85 tahun, menunjukkan bakti pada ibunya Tran Thi Nguy. Pria ini setiap hari menggendong ibunya berjalan tanpa alas kaki, menyuapinya, menjaganya saat ibunya tidur, dan mengenakan pakain untuk ibunya. 
Meminumkan susu dengan cinta
Nguyen Van Duc memiliki memiliki 13 anak, namun karena kondisinya yang tinggal di pedesaan dan miskin, ia harus bekerja keras agar dapat bisa makan. Di sela-sela kesibukannya mencari nafkah, Nguyen Van Duc selalu menyempatkan mencurahkan segala cintanya kepada sang ibunda. Itu adalah kebahagiaan yang ia rasakan, bisa berbakti kepada orang tua. 
Menunggui ibunya ketika sedang tidur

Waktu yang tersisa setelah bekerja ia gunakan sebaik-baiknya bersama ibunya. Menyiapkan makan, minum, mandi, tidur, bahkan berkunjung ke para tetangga dengan menggendong, meski tanpa alas kaki karena kondisinya yang sangat miskin. 
Menyuapi ibunya ketika makan
Keinginan terbesarnya adalah doa dan harapan agar setiap harinya ibunya bisa makan enak, tidur dengan nyaman dan nyenyak, serta hidup berbahagia bersama anak, istri, dan cucu-cucunya. 

-----
Berbakati kepada kedua orang tua adala wajib. Tak peduli sesukses apapun, sekaya apapun, semulia apapun, dan setenar apapun kamu, ingatlah kamu telah berhutang atas semuanya itu pada orang tuamu.

Pergaulialah dan bahagikanlah kedua orang tuamu selagi mereka masih ada. Engkau tidak akan mampu menebus segala budi baik yang mereka berikan kepadamu. Engkau tak akan mampu membayar hutang budi kepada mereka. Tetapi dengan perhatian dan sikap dan menggauli sebaik mungin dengan mereka, itu amat sangat berharga bagi mereka.