Layanan Prima, Cepat dan Nyaman dari Bus Sinar Jaya

PO Bus Sinar Jaya, salah satu perusahaan otomotif yang melayani jasa transportasi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) menjadi salah satu perusahaan bus yang menjadi favorit warga Jawa Tengah. Dan Bu Sinarjaya juga menjadi salah satu favorit saya karena layanannya yang prima, cepat, dan nyaman.

Ceritanya, hari Sabtu tanggal 7 Mei 2016 berangkat dari Cilacap menuju Bogor untuk menjemput bapak dan adik. Dari rumah sudah disiapkan tiket kereta api pulang ke Gandrungmangu, Kereta Api Serayu Malam untuk hari Minggu tanggal 8 Mei 2016.

Lupa kalau hari itu adalah akhir dari libur panjang, berangkat dari tempat tinggal adik di Bogor, di daerah Cibungbulang jam 3 sore. Sampai Stasiun Bogor calon penumpang penuhnya bukan. Antri untuk membeli tiket Commuter Line Bogor - Jakarta. 

Jam 18 sore dapat tiket, lalu segera naik Commuter Line jurusan Jakarta Kota. Sudah naik, ternyata kereta berangkat jam 18 lebih. Akhirnya sampai Jakarta Kota jam 20.30 malam. Sementara kereta Serayu Malam berangkat dari Stasiun Senen. 

Akhirnya, naik lagi dari Jakarta Kota tujuan Kampung Bandan. Kereta lewat Stasiun Senen, ternyata tidak berhenti. Kereta berhenti di stasiun berikutnya, yaitu Gang Sentiong. Kereta berhenti, dan kami pun menunggu kereta dari arah timur menuju Jakarta Kota. Jam sudah menunjukkan pukul 21.00. Kereta belum juga datang. Jam 21.05 kereta pun datang. Dan aku sudah sangat yakin pasti telat. 

Benar, sampai Stasiun Senen kereta sudah berangkat 10 menit lalu. Lemes. 4 tiket hangus. Lalu ke loket untuk melihat jadwal besok pagi. Ternyata habis. 

Akhirnya tanpa pikir panjang, pesan GrabCar menuju ke Pool Sinar Jaya, Cibitung. Terpaksa 170 ribu keluar dari kantong untuk GrabCar. 


Sampai di Pool Sinar Jaya, lagi-lagi ternyata bus sudah habis. Loket jurusan Cilacap masih buka, tanya sama mbak penjaga loket, cuek bebek. Tapi setelah ditanya berulang-ulang baru menjawab, "Habis mas. Adanya besok."


Lagi-lagi, berpikir harus besok menunggu pagi. 


Akhirnya adikku, bapak dan satu teman kusuruh istirahat di bangku panjang Pool Sinar Jaya. Padahal bawa anak kecil umur 2,5 tahun. Tapi mau apa lagi?

"Kita terpaksa tidur di sini."


Baru menata, sekitar 10 menit setelah dari loket, di pengeras suara disebutkan, "Cilacap... Cilacap. Yang mau ke Cilacap silahkan ke loket."

Betapa girang hati ini. Ternyata ada bus jurusan Cilacap. Aku pun bergegas ke loket. 4 tiket sekaligus aku beli, seharga Rp. 85 ribu per tiket. 


Kemudian di belakangku ada dua ibu-ibu yang juga mau ke Cilacap. 

Kami pun naik. 

Bus kosong.

15 menit kemudian, ada anak muda yang juga naik. 

Setelah anak muda ini naik, bus pun berangkat. Sopir sendirian, tanpa ada kenek. 

Khawatir sopir ngantuk, aku temani ngobrol. 

Semakin aku suka dengan PO Bus Sinar Jaya. Karena ternyata bus tadinya sudah masuk pool, mau istirahat, sopirnya pun istirahat. 


Sopir bercerita, "Tadi sudah mau merebahkan badan, karena baru sampai dari Wangon. Tapi katanya disuruh mengantar penumpang ke Cilacap."

"Ah keren sekali ini PO," pikirku. 


Meskipun hanya 4 penumpang, yang kemudian menjadi 7 orang karena ada tambahan 3 orang, tetapi bus ini rela mengantarkannya, demi memberikan layanan prima. Dan selama perjalanan pun tak pernah menaikkan penumpang. Sopirnya pun sangat santun. 

Sementara ada PO-PO lain yang sangat menjengkelkan. Sering terjadi di jalan menaikkan penumpang, pengamen, dan bahkan dioper ke bus lain di tengah jalan.

Sinar Jaya memang layak mendapatkan acungan jempol empat.