5 Kisah Kepahlawanan Anjing yang Menyelematkan Manusia

Anjing adalah hewan piaraan yang patuh pada tuannya, juga hewan piaraan yang memiliki naluri untuk membantu. Ada banyak kisah kepahlawanan anjing yang terjadi di berbagai belahan penjuru dunia, dan berikut 25 kisah kepahlawanan seekor anjing yang menyelamatkan manusia. 

1. Brutis, seekor anjing yang menyelamatkan anak kecil dari ancaman gigitan ular mematikan 

Brutis sat itu berumur 7 tahun ketika ia menjadi pahlawan di tahun 2004. Itu ketika anjing ini menyambar seekor ular yang sangat berbahaya di dekat seorang anak kecil, nyaris menggigit anak tersebut. Kepahlawanan anjing ini tak luput mendapatkan perhatian, karena Brutis segera diterbangkan ke Los Angeles untuk mendapatkan penghargaan National Hero Dog.













2. Katrina, anjing penyelamat orang yang nyaris tenggelam 

Badai Katrinia adalah kejadian mengerikan bagi semua orang di Amerika Serikat bagian selatan, namun kisah-kisah kepahlawanan yang inspiratif telah membantu para korban badai ini tersenyum. Katrina, anjing jenis labrador warna hitam yang menyelamatkan seorang pria yang nyaris tenggelam sebelum banjir meninggi akibat badai Katrina. Anjing ini, yang kemudian diselamatkan oleh tim penyelamat, diberi penghargaan Genesis Award berkat jasanya. 


3. Hero, anjing penyelamat penderita cacat yang terjebak di dalam lumpur


Ini satu kisah yang benar-benar menyentuh hati, di mana seekor anjing telah menyelamatkan seorang pria cacat yang terjebak di dalam kursi rodanya di tengah-tengah lahan berlumpur. Ketika Gareth Jones mengetahui dirinya tak bisa bergerak, Hero, anjing pembangu tentara ini siap menjawab panggilan itu, dengan menarik sebuah tali kepada Jones kemudian Jones mengikatkan tali tersebut ke kursi roda dan Hero menariknya hingga terbebas dari lumpur.

Jones bilang, "Dia tidak pergi hingga aku benar-benar selamat. Dia benar-benar tahu apa yang ia lakukan."

4. Belle, anjing pinter penyelamat juragannya dengan menghubungi 911

Ini adalah kisah menakjubkan di mana Belle, seekor anjing kecil yang dapat menekan tombol 911 di ponsel Kevin Weiver, juragannya, dengan cara mengigitnya. Kevin yang saat itu jatuh karena kejang akibat diabetes yang dideritanya. Pertolongan pun segera datang.


Ternyata, Belle memang sudah dilatih untuk mengigit keypad ponsel Kevin saat kondisi darurat.

5. Roselle, anjing penyelamat tuannya dari reruntuhan gedung WTC 11 September 2001

Ketika Michael Hingson mengetahui dirinya terjebak di lantai 78 gedung WTC 11 September 2001, butuh kepahlawanan dari anjing piaraannya ras labrador untuk menyelamatkan nyawanya. Saat gedung itu mulai bergoyang dan dipenuhi dengan asap yang menyesakkan, Roselle membimbing Michael ke tempat aman, menuruni tangga darurat gedung tersebut.

Tidak mudah bagi Michael dan Roselle yang merasa kehausan dan terengah-engah, tetapi keduanya mencoba tempat aman beberapa saat sebelum Menara 1 benar-benar roboh dan hancur.