Mirip Obama, Wajah Ilham Anas Membawa Berkah

Banyak orang sukses karena kemiripannya dengan public figure ataupun orang terkenal lainnya. Salah satunya adalah Ilham Anas atau yang lebih dikenal sebagai Ilham Anas 'Obama'. Pria kelahiran Bandung, 25 Januari 1974 ini adalah seorang fotografer dan model iklan Indonesia yang memiliki kemiripan wajah dengan Barack Obama, presiden Amerika Serikat.

Namanya kini telah menghiasai situs-situs berita internasional seperti The Guardian, Time Magazine, dan Business Insider. Ia pun dikenal luas baik oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Dan berkat kemiripan wajahnya itu, Ilham Obama telah bepergian ke berbagai penjuru dunia. 
Ilham Anas Obama

Seperti ditulis oleh The Guardian, kini Ilham Anas Obama keliling dunia. Baru-baru ini dia berbicara di Greenpeace rally di Thailand membahas masalah perubahan iklim global. Anas juga muncul di beberapa iklan televisi, termasuk iklan obat-obatan di Filipina. 

Anas mengatakan bahwa dia adalah pengagum berat Obama, dan ia pun sangat hati-hati dengan pekerajan yang dia pilih, di mana ia akan menolak pekerjaan yang ia rasa akan kontroversial dan mencerminkan sisi buruk dari kembarannya itu. Karena kemiripannya dengan Obama, Anas sering dihentikan oleh para pengagum Obama saat di bandara. Untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak diidingkan, Anas seringkali memakai kacamata dan mengenakan topi. 

Naiknya Obama menjadi presiden Amerika Serikat benar-benar berkah bagi Anas yang telah mengubah hidupnya serta pandangannya tentang dirinay sendiri, seperti yang ia tuliskan dalam otobiografinya, Karena Obama

"Aku menganggap kemiripanku dengan Obama sebagai anugerah," kata Anas. "Dulu aku sering menatap wajahku di cermin dan memiliki persepsi negatif tentang diriku sendiri."

Namun meskipun antara Ilham Anas dan Barack Obama mirip, ada juga beberapa perbedaan.

"Satu-satunya yang tidak dapat saya tirukan dari Obama adalah suaranya. Obama memiliki suara bariton sementara suara saya seperti anak kecil."



Anas yang sebelumnya merasa minder, memandang negatif dirinya, kini berubah total terhadap anugerah Tuhan. Kemiripan dengan Obama adalah berkah bagi Anas Ilham. Wajahnya yang mirip Obama telah mengubah hidupnya.