Toldo, Kisah Kucing Setia dari Italia yang Setiap Hari Mendatangi Makam Tuannya

Cinta yang tulus membawa kepada kesetiaan, dan kesetiaan tercermin dalam perilaku. Kesetiaan bukan hanya milik manusia, kesetiaan pun bisa dimiliki oleh seekor hewan sekalipun. 

Sebuah kisah inspiratif tentang kesetiaan seekor kucing bernama Toldo. Kucing yang setia ini membawakan hadiah-hadiah kecil untuk tuannya setiap hari untuk menunjukkan kasih sayangnya. Tuannya, sang pemilik kucing ini, telah meninggal selama setahun.


Meet Toldo, seekor kucing manis berusia 3 tahun yang tinggal di Montagnana, Italia Utara. Menurut Corriere Fiorentino, Toldo selama setahun ini telah mengunjungi tuannya, Iozzelli Renzo, yang telah meninggal sejak 22 September 2011 di usia 71 tahun. Ia setiap hari membawakan hadiah kecil untuk tuannya dan meninggalkannya di makamnya. 

Hadiah-hadiah yang ia bawa untuk tuannya berupa dedaunan, stik, kertas plastik, cangkir plastik, dan handuk kertas. 

"Bahkan hari ini saya pergi ke makam tuannya bersama Toldo. Saat pulang, seseorang yang aku kenal mengatakan padaku bahwa kucing itu telah ada sejak pagi tadi," kata istrinya Renzo, Ada, kepada Corriere Fiorentino. 

Para tetangga juga melihat Toldo berkeliaran sepanjang hari di sekitaran makam. 

Sejak hari pertama pemakaman, ketika kucing itu mengikuti peti mati yang dibawa dari rumah ke pemakaman. 

Keesokan paginya, Ada kembali ke makam. "Kami pergi ke makam bersama putriku dan dan menemukan setangkai akasia di atas kuburan. Aku segera beranggapan bahwa itu dibawa oleh sang kucing, namun putriku meyakinkanku bahwa aku hanya masih terlalu emosional pada waktu itu," kata Ada.

Namun, malam itu, putra Renzo kembali ke pemakaman dan menemukan Toldo sedang berdiri menjaga makam, seperti dilaporkan Dreuz.info.

Ada mengatakan bahwa mendiang suaminya memiliki ikatan yang sangat kuat dengan kucing kesayangannya itu. Suaminya mengadopsi Toldo dari koloni kucing ketika ia berumur 3 bulan. 

Sayangnya, tidak semua orang mempercayai dalam hubungan yang tulus antara Toldo dan pemiliknya. Ada juga mengatakan pada La Nazione bahwa masyarakat sering mencoba mengusir kucing Toldo dari pemakaman. 

"Ada orang-orang yang sensitif yang kemudian melempari batu atau benda-benda lain untuk mengusir Toldo, sebab mereka meyakini bahwa kehadiran hewan di kuburan itu berarti penodaan," kata Ada. 

Namun tetap saja Tolod bertahan an terus mengunjungi makam tuannya setiap hari. 

"Suami saya sangat meyayangi Toldo. Renzo mencintai hewan. Rasanya itulah ungkapan terima kasih Toldo akan cinta kasih tuannya. Ia kucing yang istimewa," kata Ada.