Mencapai Raja Ampat dengan Mudah dan Murah

Raja Ampat adalah pesona surga dunia di Indonesia bagian Timur. Terletak di Provinsi Papua Barat, Raja Ampat sudah mendunia dan terkenal sebagai destinasi wisata yang menyajikan keindahan.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Raja Ampat, mungkin bingung menyiasati dan mempersiapkan biaya yang diperlukan untuk sampai ke Raja Ampat. Memang Anda perlu persiapan matang sebelum tiba di lokasi ini. Kendati demikian, Anda tak akan rugi dengan biaya yang Anda keluarkan.

Bagi mereka yang tidak masalah dengan keuangan, memilih paket tour dan travel ke Raja Ampat bisa menjadi pilihan praktis, tetapi bagi Anda yang mungkin memiliki dana terbatas, perlu disiasati, salah satunya dengan perjalanan sendiri (ngeteng).

Rute Perjalanan ke Raja Ampat

Jika Anda dari Jakarta, Anda bisa melakukan penerbangan menuju ke Sorong. Tidak ada penerbangan langsung yang menuju ke Raja Ampat. Anda bisa memilih Express Air jika tidak menginginkan transit. Penerbangan sekitar 4 jam menggunakan maskapai ini. Usahakan pesan jauh-jauh hari sebelum berangkat, sehingga Anda mendapatkan harga tiket yang cukup murah, kisaran 2,5 juta rupiah per orang. 

Dan perlu diperhatikan pula bahwa penerbangan ke wilayah timur selalu pagi dini hari. Jadi pastikan Anda sudah standby di Bandara Soekarno Hatta jam 12 malam. Tiba di Bandara Sorong sekitar pukul 6.30 - 7 pagi WIT.

Setiba di  Sorong, yakni Bandara Domine Eduard Osok, Anda memiliki dua alternatif perjalanan:

1. Naik kapal cepat

Jika Anda tiba di sorong hari Senin, Rabu, dan Jumat, Anda bisa naik kapal cepat jam 9 pagi, dan sampai di Waisai, ibukota Raja Ampat sekitar jam 11 pagi. Ada waktu cukup untuk mencari penginapan. Tetapi jika Anda ingin bersantai-santai dulu di Sorong, Anda dapat memilih penyeberangan dengan kapal cepat jam 2 siang. 

Jika Anda sampai di Sorong hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu, jadwal kapal semuanya jam 2 siang, tiket kapal cepat per orang sebesar Rp. 120.000. 

2. Naik pesawat

Layanan pesawat menuju ke Waisai, hanya dilayani oleh Susi Air, yakni pesawat kecil yang muat penumpang belasan saja. Berangkat dari Bandara Sorong menuju ke Bandara Waisai.

Jadwal penerbangan jam 8.30 WIT dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Untuk tiket pesawat per orang adalah sebesar Rp. 220.000.

Penginapan dan Kuliner

Sebagai daerah wisata internasional dan daerah dengan biaya hidup tinggi, Anda mungkin akan terkejut ketika menemukan tempat penginapan yang cukup mahal, jika dibandingkan dengan Bali misalnya. 

Tanggal 25 - 27 November lalu saya menginap di sebuah penginapan, sekelas hotel melati di Kota Waisai, satu kamar dikenai biaya Rp. 400.000,- semalam. Berhubung tiga orang dalam satu kamar dengan satu extrabed, kami dikenai biaya Rp. 550.000 per malam. Ada banyak penginapan sejenis di sana, Anda tinggal memilih saja. 

Kuliner juga cukup mahal, tetapi Anda akan merasakan nikmatnya makan ikan segar. Jika di Jakarta ada istilah ikan telah mati berkali-kali, Anda akan mencicipi sendiri ikan segar yang masih manis. Meski akan merogoh kocek cukup dalam, tetapi Anda akan puas. 

Lokasi wisata 

Mungkin Anda penasaran dengan gugusan pulau-pulau yang sering Anda lihat di internet atau di televisi. Iya, Wayag. Memang amat indah gugusan pulau kecil itu. Namun jangan kaget. Untuk sampai ke lokasi itu, Anda perlu sewa speedboat, di mana satu speedboatnya saja seharga 15 juta rupiah sehari. 

Untuk biaya menginap di resort di Wayag cukup sangat mahal, 2,1 juta per malam per kamar. 


Namun, ada alternatif lain, yakni berkunjung ke miniatur Wayag, yaitu gugusan pulau-pulau seperti Wayag yang lebih kecil,  yakni Piaynemo. Anda cukup mengeluarkan separohnya untuk sampai ke lokasi itu. Dan cukup satu hari sudah dapat mengilingi Piaynemo

Sudah siap berkunjung? Anda benar-benar akan disuguhi keindahan surga Raja Ampat setiap jengkalnya, bahkan semenjak Anda menginjakkan kaki di Pelabuhan Waisai.