Hal-Hal Paling Konyol yang Terjadi Pada Kehidupan Modern

Dalam hidup ini, ada banyak hal konyol yang terjadi, sehingga tidak heran ada istilah mati konyol. Kekonyolan-kekonyolan itu berakumulasi dan kemudian menjadi ancaman bom waktu yang setiap saat bisa meledak tanpa disadari. Namun, hal-hal paling konyol apakah yang dilakukan secara kumulatif oleh sebagian besar orang, atau berdampak pada sebagian besar orang di kehidupan modern ini?

Seorang animator sekaligus ilustrator Inggris Steve Cutts mengunakan gambar-gambar powerful untuk mengkritisi kehidupan dan masyarakat modern yang kondisinya mengenaskan. 

Keserakahan, penghancuran lingkungan, junk food (makanan cepat saji), dan konsumsi TV, kecanduan ponsel pintar, dan eksploitasi terhadap binatang adalah isu-isu yang telah menginspirasi karya-karyanya. 

Cutts telah bekerja untuk dunia korporasi sebelum memilih menjadi pekerja lepas, dan kesadarannya untuk keluar dari jalur tikus itu benar-benar menunjukkan apa yang ia sadari...

Rat Race karya Steve Cutts

Dulu Cutts bekerja pada sebuah agen periklanan dengan klien merek dunia seperti Coca Cola, Google, Reebok, Magners, Kellogg's, Virgin, 3, Nokia, Sony, Bacardi, dan Toyota. Maka tidak mengherankan jika Cutts akhirnya memiliki banyak ide yang ia tuangkan dalam gambar-gambar yang provokatif. 

Ilustrasi yang ia buat menangkap apa yang terjadi di jalanan, keputusasaan, dan frustasi dari dunia kita yang "anjing makan anjing" ini, yang mana kita dipengaruhi untuk mengkonsumi sampah tak berguna dan menghancurkan planet ini agar roda korporasi tetap berputar. 

Memang benar bahwa karya Cutts ini membuat depresi, namun hanya karena gambar-gambar buatannya inilah yang mendekati kebenaran. Berikut adalah beberapa karya terbaiknya yang menggambarkan hal-hal paling absurd atau hal-hal paling konyol yang terjadi di dunia modern saat ini.

1. Aagggrhhh.... Hari Senin Lagi

"Aagrh!! It's Monday"  karya Steve Cutts

Perhatikan di sekitar kita, para karyawan yang begitu ketakutan ketika harus menghadapi kembali hari Senin. Tanyakan pada Anda berapa orang yang mengatakan "Asyik... hari Senin lagi..." dibanding, "Aduh... Hari Senin lagi!!"

2. Korban Televisi

"Jessica and Roger relax at home" karya Steve Cutts
Ini hal paling konyol lain yang sering tidak kita sadari. Kita 'ditipu' oleh tayangan-tayangan televisi membuat kita 'relaks' di rumah. Kita cenderung menjadi pemalas dengan hiburan dan terbuai oleh mimpi-mimpi yang disuguhkan oleh sinetron misalnya.

3. Si Miskin Menopang Si Kaya

"The Fatcat" -- karya Steve Cutts
Silahkan perhatikan kehidupan antara si kaya dan si miskin. Bukankah idealnya yang kaya mengangkat yang miskin? Namun faktanya dalam dunia modern ini adalah si miskin menopang si kaya, memanjakan si kaya dengan segala gaya glomornya, sementara si miskin justru bersusah payah untuk membuat si kaya makin menikmati kehidupannya. 

4. Evolusi Kehidupan yang Memudahkan Kehidupan Manusia

"Evolution" karya Steve Cutts
Perkembangan jaman dan teknologi semakin memanjakan manusia. Jika dulu manusia primitif haru berburu, bekerja keras untuk bertahan hidup dan makan, kini kita tidak perlu menggeserkan badan sekalipun untuk apapun, karena dipermudah oleh alat bantu yang disebut teknologi dan layanan cepat saji, seperti diuangkapkan dalam gambar karya Steve Cutts, 'Evolution'. Ini adalah salah satu hal paling konyol di dunia kan? Menjadikan orang malas dan penyakitan.

5. Makanan Siap Saji yang Membahayakan

"Dinner Is Served!" karya Steve Cutts

Salah satu hal paling konyol di kehidupan modern modern digambarkan oleh Steve Cutts dengan makanan kaleng yang siap saji. Dari gambar tersebut dituliskan kata-kata yang mengerikan dan menyedihkan, misal 'May Cause Death' (Bisa Menyebabkan Kematian).

6. Kecanduan Smartphone

"This image in particular rings true for most of us" karya Steve Cutts

Anda memiliki smartphone dan tidak bisa hidup tanpa smartphone? Jika iya, berarti Anda telah menjalani kehidupan paling konyol di dunia modern ini. Cutts menggambarkan kritik sosialnya dengan ilustrasinya tentang kehidupan masyarakat modern yang tidak lagi bersosialisasi langsung seperti jaman sebelum smartphone. Kini kita seperti orang gila, bisa tertawa sendiri, tersenyum sendiri, bahkan menangis hanya dengan melihat  layar absurd monitor smartphone kita. 

7. Penghancuran Lingkungan untuk Kepentingan Korporasi 

'A very apt illustration of humanity’s ecocide' - Steve Cutts
 Pria berdasi digambarkan sedang memasukkan bola dunia ke dalam mesin untuk dihancurkan menjadi uang. Dan itulah yang terjadi dalam kehidupan modern. Gambaran kondisi absurd ini benar-benar terjadi dalam kehidupan modern, di mana para pemilik modal, para stakeholder dengan modal besar justru menghancurkan ekosistem kita untuk kepentingan finansial korporasi dan kantong mereka sendiri, sebesar-besarnya, hingga dunia pun dihancurkan.


Dan mashi banyak lagi karya Steve Cutts yang menggambarkan kritik sosial terhadap hal-hal paling absurd atau konyol yang terjadi pada pada masyarakat dan kehidupan modern.