"The Search": Film Inspiratif dan Drama Kehidupan yang Tragis Akibat Perang

Salah satu drama kehidupan manusia yang paling menyedihkan dan paling menyentuh hati adalah nasib anak-anak Chechnya yang rumahnya hancur dan kehidupannya rusak serta menjadi yatim akibat perang dengan sangat gamblang digambarkan dalam salah satu film layar lebar yang disutradari oleh produser film asal Swiss, Lazar Wechsler. Judul dari film ini adalah "The Search" (Pencarian). 


Film The Search tidak hanya menjadi drama yang benar-benar emosional dan memberikan pencerahan yang teramat mendalam, film ini juga merepresentasikan hidup dan keyakinan tentang bagaimana seorang "anak hilang" dapat ditemukan kembali. Film ini memberikan gambaran yang amat jelas dan kekejaman yang mengerikan yang dialami oleh anak-anak tak berdosa akibat perang. Dalam cerita film ini, pencarian tak kenal lelah dari seorang anak manusia asal Checnya, Hadji, yang mencari keluarganya yang ia kira masih hidup, yakni kakak perempuannya. Komisi Hak Asasi Manusia turun untuk merehabilitasi beban psikologis anak-anak dan para korban perang. Salah satu korban perang itu adalah seorang anak yang hampir sepanjang film itu tak terucap kata, karena begitu traumanya akibat perang. Tugas para petugas kemanusiaan itu adalah merahabilitasi mental anak-anak agar mereka siap ketika dewasa. 

Dalam visualiasasi cerita ini, tim Mr. Wechsler, termasuk Richard Scweizer sebagai penulis naskah, Fred Zinnemann sebagai sutradara, telah bekerja keras menggarap film ini sehingga nampak natural. Film yang mereka garap benar-benar mencerminkan realitas kehidupan perang yang amat keras. Kamera yang mereka sorotkan menunjukkan reruntuhan dan puing-puing yang sesungguhnya, juga wajah-wajah kering dengan air mata penuh kesedihan.

Performance yang luar biasa dari seorang anak Chechnya bernama Ivan Jandl

Tidak diragukan lagi kinerja yang luar biasa dari seorang anak muda Ceko kecil bernama Ivan Jandl sebagai tokoh utama dalam drama sangat penting bagi ruh film keseluruhan. Anak kecil ini, yang ditemukan oleh Mr Zinnemann di sebuah sekolah di di Praha, memiliki ekspresi seperti tragis dalam bingkai tirus, ekspresinya ada di mata dan wajahnya, dan suaranya yang parau menunjukkan ia adalah perwujudan akhir dari kesedihan seorang anak akibat perang.

Secara keseluruhan, drama film yang berlatar belakang perang Chechnya ini sangat mengharukan. Trauma yang mendalam akibat perang, serta pencarian kerabat yang tak kenal lelah hingga berbuah manis, serta besarnya cinta dan kasih sayang pada sesama begitu jelas digambarkan dengan jelas dalam film ini.

Ketika Anda bersiap menonton film "The Search" siapkan tisu dan makanan ringan. Tissue digunakan untuk lap ketika air mata Anda menetes, dan makanan ringan karena Anda akan terkesima dengan alur cerita yang tertuang di dalamnya sehingga tak terasa Anda butuh makan pengganjal.

Dengan durasi 1 jam 5 menit, rasanya amat cepat film ini.

Selamat menikmati film paling menyentuh, "The Search" (Pencarian).