Menulis Satu Kali, Gaji Setiap Bulan di Blogekstra

Beberapa bulan lalu, Mas Wely Hariyanto mengaddku di jejaring sosial Facebook. Setelah berbincang lewat inbox, aku tahu Mas Wely ini ternyata founder sekaligus CEO Blogekstra.com, sebuah startup article submission berbahasa Indonesia bagi siapapun penulis yang ingin menuangkan ide ke dalamnya. Sebagai imbalannya, setiap tulisan yang tayang akan mendapatkan beshare selamanya dari sponsor, dalam hal ini Google AdSense. 

Setelah mendaftar sebagai anggota, dan melengkapi persyaratan yang ditentukan, termasuk input foto asli, akun Facebook, Twitter, dan Google+, aku bisa langsung menulis. Karena ada sedikit pengetahuan tentang asuransi unit link, aku pun menulis seputar unit link di Blogesktra. 



Aku katakan pada Mas Wely, bahwa aku siap menulis kalau lagi mood. Akhir bulan, sekitar tanggal 26, setelah gajian dari Google AdSense, Mas Wely pun merinci setiap member dengan tulisannya, yang masing-masing tulisan sudah jelas dengan link usernamenya, dihitung earning selama sebulan itu. 

Earning yang aku dapatkan tidak banyak sebab masih baru beberapa tulisan. Dan sebagai pendatang baru, statusku masih sebagai kontributor, di mana kontributor hanya mendapatkan 50% dari total earning. Namun, jika Anda sudah menjadi kontributor tetap, dan minimal sudah menulis 10 artikel, Anda dapat mengajukan kenaikan pangkat menjadi author, di mana Anda akan mendapatkan beshare sebesar 70%.

Aku menganggap ini satu terobosan yang sangat cemerlang, di mana siapapun dapat menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan. Ada beberapa hal yang didapatkan dari menulis di Blogekstra.com ini, di antaranya. 

  1. Anda dapat mengasah kreativitas Anda, skill Anda, tanpa harus memiliki website atau blog sendiri.
  2. Anda sebagai penulis akan mendapatkan beshare atau semacam bagi hasil dari setiap tulisan Anda yang mendapatkan kunjungan dan mendapatkan klik dari pengunjung. Itu dihitung setiap akhir bulan, setelah pembayaran dari Google AdSense.
  3. Sebagai sarana untuk personal branding (pencitraan diri), di mana dengan semakin sering Anda menulis, akan semakin besar peluang Anda untuk dikenal orang.

Personal branding adalah tujuan utama dari didirikannya startup Blogekstra.com ini. Anda bukan siapa-siapa dan tidak akan pernah dikenal orang jika Anda tidak melakukan sesuatu yang membuat orang mengenal Anda. 

James Sidis, orang yang dianggap paling jenius sepanjang masa dengan IQ 300an, namun sangat sedikit orang yang mengenalnya. Itu karena dia tidak pernah menulis kendatipun ia sangat-sangat jenius. Namun berapa banyak orang yang biasa-biasa saja tetapi karena ia menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan, ia dikenal manusia sepanjang massa. 

Kembali ke Blogekstra. Seperti di keterangan Tentang Kami, di Blogekstra.com, 


BlogEkstra merupakan komunitas terbuka (dan GRATIS) bagi siapa saja, yang bersemangat untuk berbagi info, keahlian dan bakat, cara baru, pekerjaan sehari-hari, hobi yang menyenangkan, cerita pengalaman atau perjalanan, video dan gambar unik, resep, tips dan trik.. atau apapun itu yang sekiranya bermanfaat bagi sesama.

BlogEkstra adalah kumpulan bloggrup, tiap bloggrup adalah alat publikasi gratis (bahkan BISA MEMBAYAR*), mempertemukan orang dengan minat yang sama agar dapat bekerjasama mengembangkan suatu topik/minat dalam bentuk keluaran artikel maupun hasil diskusi. Kerjasama yang akan membuat bloggrup tsb konsisten menghasilkan informasi yang berkualitas, yang dikerjakan oleh ahli atau antusias dibidangnya, sehingga dapat melonjakkan daya saing bloggrup tsb.

BlogEkstra bagi pembaca dapat menjadi sumber informasi berkualitas, karena dikerjakan oleh orang-orang yag memang menyukai topiknya, pehobi, antusias, sang ahli, yang mengalami langsung, dll. Selain itu kebijakan standar konten BlogEkstra serta sistem moderasi konten yang diterapkan akan menyaring konten yang masuk, dan hanya yang sesuai ketentuan dan standar diberikan untuk Anda baca.

Anda ingin menulis satu kali dan dapat gaji setiap bulan dari Blogekstra.com? Anda dapat mendaftar gratis di Blogekstra.com