Ingin Approved Google AdSense? Perhatikan 7 Poin Berikut!

Cara Mudah Aproved Google Adsense

Sekitar dua minggu ini, Google AdSense makin memperketat pendaftaran akun Google AdSense baru. Tujuannya adalah agar para publisher dapat menyajikan blog atau website dengan konten yang berkualitas. 

Mengutip dari blog www.roadtoblogging.com, ada 7 hal yang harus dilakukan agar pengajuan Google AdSense Anda approved. Google tidak memberikan petunjuk apapun mengenai dasar-dasar apa yang mereka gunakan untuk menyetujui akun AdSense baru. Yang harus Anda lakukan adalah mempertahankan beberapa standar sebelum mengajukan Google AdSense.



1. Beli Top Level Domain 

Sebelumnya orang dengan mudah mendapatkan akun AdSense dengan sub domain gratisan seperti blogspot, weebly, dan lain-lain. Google masih menyetujui situs-situs sub domain itu, tetapi Anda harus memastikan bahwa situs Anda memiliki konten  yang baik, desain yang bagus, navigasi yang mudah, dan sebagainya.. 

Sekarang terasa sulit untuk membuat situs sub domain yang sesuai dengan standar AdSense. Google telah melarang (banned) situs-situs sub domain seperti .co.cc, co.nr. Jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan top level domain, seperti .com, .net, .org, .co.id, .us, dan lain sebagainya.

Sebelum membeli domain, berikut yang harus Anda perhatikan. 
  • Jangan menggunakan kata hack, crack, download, dan sebagainya pada nama domain Anda.
  • Hindari pelanggaran hak cipta (Anda tidak diperbolehkan menggunakan nama dagang lain pada domain Anda).
  • Jangan gunakan istilah dewasa

2. Desain yang Bagus dan Navigasi yang Mudah 

Anda mungkin memiliki konten yang bagus pada website Anda, tetapi tidak menjamin persetujuan AdSense kecuali jika Anda memiliki desain yang bagus dan navigasi yang mudah pada website Anda. 

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari website Anda, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menginvestasikan sebagian uang Anda pada desain webiste Anda. Pastikan bahwa situs Anda memiliki desaing tampilan yang profesional dengan navigasi yang bagus. Dan jangan lupa untuk membuat logo untuk blog Anda. 

3. Submit ke Search Engine 

Ketika Anda meluncurkan website Anda, yang selalu Anda inginkan adalah orang dapat dengan muah menemukan situs Anda. Seacrh Engine atau mesin pencari adalah tempat di mana orang menemukan situs Anda dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah mensubmit sitemap (peta situs) Anda ke mesin pencari.
Juga, pastikan bahwa Google telah mengindeks halaman-halaman situs Anda. Ketikkan site:domainanda.com di Google Search dan lihat apakah Google mengindeks situs Anda atau tidak. Kadang Google butuh waktu seminggu atau lebih untuk mengindeks website Anda. Jika Anda memiliki bakclink yang relevan, halaman-halaman situs Anda akan segera terindeks. Posting-posting saling saling terkait dalam blog juga membantu Bot mesin pencari untuk mengindeks halaman-halaman Anda. 

4. Koneksikan Situs Anda dengan Google Analitics dan Webmaster Tools

Analytics dan Webmaster tools adalah dua tool Google yang sangat dahsyat. Google Analytics memberikan statistik rinci mengenai website Anda. Dan Webmaster tools memberikan laporan rinci mengenai visibilitas halaman situs di Google. 

Dua tool ini membantu Anda meningkatkan kinerja situs yang meningkatkan peluang mendapatkan persetujuan Google AdSense 

5. Publikasikan konten yang fresh dan unik 

Ini bagian paling penting. Anda harus membuat konten yang fresh dan unik sebelum mengajukannya ke Google AdSense. Google AdSense tidak mensyaratkan konten yang banyak, tetapi konten yang berkualitas. Beberapa peblogger memperoleh akun Google AdSense hanya dengan 20 - 30 postingan, sementara yang lain tidak mendapatkan persetujuan padahal postingnya lebih dari 100 posting.

Jadi, konten yang berkualitas sangat penting. Konten yang berkualitas adalah konten bebas hak cipta yang dibuat berdasarkan penelitian dan dikembangkan dengan baik serta terbebas dari link-link download illegal, bukan hasil copy paste dari orang lain, user friendly dan detail. Cobalah publikasikan beberapa konten yang berkualitas. Ingat, konten yang berkualitas selalu menjadi raja. 

AdSense melarang konten: konten yang ada hak ciptanya, konten dewasa, konten yang berkaitan dengan hacking dan cracking, konten yang berhubungan dengan perjudian, kasino, dan alkohol dan konten-konten illegal.

6. Buang Semua Iklan Lainnya

Memang tidak buruk untuk mencoba alternatif-alternatif AdSense ketika Anda belum memiliki akun AdSense. Tetapi buanglah alternatif AdSense itu sebelum mengajukan AdSense.

Meskipun Google AdSene mengizinkan mengunakan iklan lain bersamaan dengan AdSense, tetapi penggunaan iklan lain itu menciptakan kesan yang buruk bagi tim AdSense jika situs Anda diisi dengan iklan dari network lain.

7. Buat Halaman-Halaman Penting

Ada beberapa halaman yang memberikan pengalaman user menjadi lebih baik. Google selalu fokus pada pengalaman user. Sebagian besar peblogger baru tidak membuat halaman ini. Dengan memiliki halaman-halaman ini menciptakan kesan yang baik bagi tim AdSense. Jadi buatlah halaman-halaman berikut ini sebelum mengajukan Google AdSense. 

About - Sebagian dari pengunjung pertama akan mengunjungi halaman "About". Mereka ingin tahu siapa yang ada di balik blog ini. Di halaman about ini, Anda bisa menulis tentang diri Anda sendiri dan blog Anda atau apapun yang ingin Anda tuliskan. 

Contact - Ini adalah halaman yang paling tidak diperhatikan. Anda akan menyadari pentingnya halaman ini ketika Anda memilikinya. Anda mungkin akan kehilangan pengiklan langsung karena Anda tidak memiliki halaman kontak.

Privacy Policy - Menurut TOS AdSense, Anda harus memiliki halaman privacy yang berisikan informasi tentang cookies, informasi khusus perangkat, informasi lokasi, dan informasi-informasi lain yang tersimpan di dalamnya. Jadi buatlah halaman privacy policy untuk blog Anda. 

Hal-Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan 

  • Jika Anda memiliki situs lebih dari satu, cobalah mempertimbangkan untuk mengajukan AdSense dengan situs terbaik Anda.
  • Konten Anda harus ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa-bahasa lain yang didukung AdSense.
  • Berikan informasi yang benar ketika Anda mengajukan AdSense.
  • Umur Anda minimal harus 18 tahun untuk mengikuti program AdSense
  • Kadang Google mensyaratkan domain yang berumur 6 bulan di negara-negara tertentu, seperti China dan India.
  • Hindari trafik berbayar (AdSense tidak mensyaratkan banyak trafik)
  • Jangan gunakan gambar yang berhak cipta, gunakan gambar dengan menuliskan kreditnya
  • Terakhir, baca TOS AdSense dan Program Policies AdSense

Jika situs Anda sudah sesuai dengan fakta-fakta di atas, cobalah mengajukan akun AdSense. Proses approval membutuhkan waktu antara 24 - 48 jam. 

Jika Anda sudah disetujui AdSense, Anda apat menggunakan iklan AdSense di situ-situs lain yang menjadi milik Anda. Itulah mengapa Anda mungkin melihat bahwa situs yang memiliki kualitas rendah mengandung AdSense. Itu bukan ide bagus. Selalu pastikan bahwa situs Anda selaras dengan kebijakan AdSense sebelum menambahkan iklan. AdSense bisa saja menge-ban akun Anda jika mereka menemukan sesuatu yang salah di situs Anda. 

Selamat berjuang mendapatkan persetujuan AdSense.