Cara Riset Keyword Menggunakan Google Planner

Keyword atau kata kunci adalah faktor penting untuk mendatangkan visitor ke suatu blog atau website. Sebagus apapun tampilan sebuah blog atau website, jika tanpa keyword yang bagus, maka visitor pun sedikit. Dan ketika visitor sedikit, maka blog atau website itu pun kurang berguna, apalagi jika blog atau website tersebut ditujukan untuk bisnis. Sebab, setiap visitor adalah prospek, dan semakin banyak visitor atau prospek, maka semakin besar peluang terjadinya transaksi pada blog atau website tersebut. 

Untuk menentukan keyword, pertama-tama pikirkan niche atau ceruk pasar apa yang akan akan kita tuangkan dalam blog atau website kita. Ketika sudah ketemu, pikirkan kira-kira keyword yang dicari oleh banyak orang. Setelah itu lakukan riset keyword melalui keyword tool, salah satunya adalah Google Keyword Planner milik Google. 

Berikut langkah-langkah melakukan riset keyword melalui Google Keyword Planner


Jika Anda belum terdaftar, silahkan daftar menggunakan email Anda. 

2. Pilihlah Search for new keywords and ad groups ideas seperti pada screenshot di bawah ini.


3. Masukkan di kolom tanda panah keyword yang hendak dicari, juga setting bahasa, lokasi, dan mesin pencarinya.


Setelah itu scroll ke bawah dan klik Get Ideas

4. Lihat hasilnya


Dari contoh keyword yang saya tuliskan "Cara belajar bahasa Inggris" di sana muncul banyak ad group ideas yakni kelompok keyword, volume pencarian bulanan, persaingan (low, medium, dan high). Pilih yang low dengan pencarian lebih dari 2000 pencarian setiap bulan. 

Namun untuk lebih spesifik, silahkan klik keyword ideas, hasilnya seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.


Terlihat di atas, keyword (by relevance) adalah keyword atau kata kunci yang sering diketikkan di mesin pencari Google, karena setting saya hanya Google saja,  lalu avg. monthly searches (rata-rata pencarian setiap bulan), competition (persaingan).

Silahkan gunakan kata-kata kunci yang meiliki pencarian rata-rata di atas 2000 untuk Indonesia saja, jika luar negeri carilah yang di atas 5000 pencarian per bulan dan persaingan low (rendah) atau medium. Jika Anda memilih competition high (persaingan tinggi), maka agak berat tulisan Anda masuk ke page one, apalagi jika Anda kurang memahami trik SEO yang lain. 

Selamat mencoba ya. Semoga sukses.