Cara Budidaya Belut

Belut atau dalam bahasa Latinnya disebut Synbranchus, adalah sejenis ikan konsumsi air tawar yang memiliki bentuk bulat memanjang serta licin. Makanan belut adalah anak-anak ikan yang masih kecil-kecil. Lingkungan yang cocok untuk belut adalah pesawahan dan rawa-rawa.

Memiliki bentuk yang oleh sebagian orang dianggap menjijikkan, karena bentuknya yang memanjang seperti ular, akan tetapi belum memiliki rasa yang sangat lezat, sehingga banyak orang menyukainya. Selain rasanya yang lezat, belut juga memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi, juga memiliki khasiat sebagai penambah darah. 

Sebelum tahun 2000-an, belut masih cukup mudah didapatkan di daerah pesawahan dan rawa-rawa di Pulau Jawa, namun seiring dengan semakin bertambahnya penggunaan pupuk kimia juga obat-obatan pembasmi hama dan gulma, belut semakin sulit didapatkan di pesawahan dan juga rawa-rawa.

Cara budidaya belut
image: annunaki.me
Sebagai makanan yang memiliki khasiat tinggi dan kandungan protein hewani yang sangat tinggi ini, permintaan belut semakin hari semakin meningkat. Dan dengan kurangnya pasokan yang diakibatkan semakin langkanya belut didapatkan di area pesawahan dan rawa-rawa, maka budidaya belum menjadi alternatif jitu untuk memenuhi permintaan pasokan belut.

Cara budidaya belut ini tidak diketahui oleh semua orang, namun seiring berkembangnya dunia teknologin informasi, cara membudidayakan belut sudah tidak lagi sesulit dulu. Kita tinggal browsing di mesin pencari misalnya Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain, informasi apapun akan mudah didapatkan, termasuk cara budidaya belut.

Dan melalui tulisan ini pula, saya ingin berbagi ebook gratis, tidak bayar sama sekali dan tidak ada kewajiban apa-apa, tentang cara budidaya belut.

Untuk mendownload ebook cara budidaya belut silahkan klik link download di bawah ini.