Biografi Shaheer Sheikh, Pemeran Arjuna dalam Serial Mahabaratha

Shaheer Sheikh yang memerankan Arjuna dalam serial Mahabaratha di ANTV, pernah datang ke Jakarta bersama para tokoh-tokoh Pandawa. Para pengagum Arjuna begitu histeris ketika berkesempatan bertatap muka dan berdialog langsung dengan tokoh idolanya ini. 

Dalam pewayangan Mahabaratha, sebenarnya kisah ini berkaitan dengan mitos-mitos dan sejarah Hindu, tetapi ketika masuk ke Indonesia diadopasi oleh Sunan Kalijaga sebagai sarana dakwah untuk menyebarkan agama Islam di bumi Nusantara, khususnya Jawa. Sarana ini digunakan karena masyarakat Jawa yang kala itu mayoritas beragama Hindu, sehingga kebudayaan yang berbau Hindu akan mudah diterima. Dan ternyata berhasil, Islam berkembang menjadi agama terbesar di Jawa, bahkan di seluruh Nusantara. 

Seri Mahabaratha menggambarkan kehidupan manusia yang terdiri dari dua golongan besar, yakni golongan kanan atau kebaikan yang diwakili oleh kelompok Pandawa dan golongan kiri yang diwakili oleh Kurawa. 

Pandawa terdiri dari lima orang bersaudara, yakni Puntadewa atau Yudistira, Werkudara atau Bima, Arjuna atau Janono, dan si kembar Nakula dan Sadewa. Selain kelima bersaudara ini, di kelompok Pandawa juga ada pendukung dan sesesepuh seperti Kresna.

Dari kelima Pandawa ini, Arjuna adalah tokoh yang paling tampan, paling terkenal. Di kalangan pria, Arjuna terkenal dengan kedigdayaannya, sementara di kalangan kaum wanita terkenal dengan ketampanannya. Arjuna, meskipun gerak langkahnya gemulai seperti wanita, tetapi sakti mandraguna.

Ketika mendengarkan wayang, mungkin Anda akan terbayang bahwa Arjuna itu sosok yang gemulai, biasa, tidak kekar, tetapi tampan rupawan. Dari tutur katanya pun lembut dan pelan, selalu mengunakan bahasa halus (kromo inggil), berbeda dengan Bima yang tanpo tedeng aling-aling, tidak pernah pakai bahasa halus dengan siapapun. 

Sedikit berbeda dengan Arjuna dalam serial Mahabaratha yang tayang di stasiun televisi swasta, ANTV. Arjuna yang diperankan oleh Shaheer Sheikh, nampak cukup berbeda dengan penggambaran yang ada di wayang kulit. 

Shaheer Sheikh tampan, tetapi badannya kekar dan tinggi besar, kokoh. Cara berbicara pun tidak selembut seperti yang ada dalam penggambaran dalam wayang kulit.

Tetapi siapa sebenarnya Shaheer Sheikh? Berikut sekelumit latar belakangnya. 

Shaheer Sheikh lahir dari keluarga Muslim di Jammu, India, tanggal 26 Maret 1984. Sheikh bersekolah di SMA Hari Singh, Jammu, kemudian melanjutkan kuliah di New Law College dan Bharati Vidyapeeth University, Pune. Ia adalah sarjana hukum dan kini memiliki perusahaan EO sendiri. 

Shaheer memulai karirnya sebagai fotografer dan model, tetapi kemudian ia menjadi seorang aktor. Ia memulai karir aktingnya bersama Kya Mast Hai Life sebagai Vir Mehra dan di Disney Channel India dan Jhansi Ki Rani sebagai Nana Sahib di serial Zee TV. Perannya di Kya Mast Hai Life memberinya peluang besar dan popuritas yang tinggi. 

Shaheer Sheikh kemudian memerankan peran terbaiknya di Best of Luck Nikki di Disney Channel India dan kemudian muncul di Navya.. Naye Dhadkan Naye Sawaal di Star Plus. Perannya di serial terakhir ini telah menambah popularitasnya dan menjadi artis papan atas. Ia juga muncul di Teri Meri Love Stories di Star Plus.

Peran terakhir hingga kini yang ia lakoni adalah sebagai Arjuna dalam Mahabharata. Untuk melakoni perannya ini, ia mengikuti kursus menunggang kuda, latihan perang menggunakan pedang, dan memanah. Dengan peran ini ia mendapatkan perhatian dunia dari para kritikus dunia untuk perannnya ini.