Apa Itu Referring URLs dan Referring Sites di Blogspot?

Bagi para peblogger di blogspot, saat membuka dashboard dan melihat statistik blog, di situ muncul ada Referring URLs dan Referring Sites. Apa sebenarnya Referring URLs dan Referring Sites?

Mungkin itu menjadi pertanyaan bagi banyak peblogger, khususnya peblogger pemula seperti saya. Apa perbedaan dari keduanya? 

Setelah browsing ke sana kemari, tanya sama Mbah Google, saya mendapatkan jawaban kira-kira seperti ini.

When a user clicks on a link in a web page, the user's browser moves to the specified link. When the browser requests the new page, it sends along the URL of the previous page. This "sent along" URL is called a referring URL. (Sumber: www.oclc.org)

Artinya bahwa ketika seorang user mengklik sebuah link di sebuah halaman website, maka browser user tersebut berpindah ke link spesifik tersebut. Ketika browser merequest halaman baru, browser mengirimkan URL yang berasal dari halaman sebelumnya. URL 'yang disertakan' ini disebut referring URL.

Sementara,sebuah website yang tercantum di laporan dari mana pengguna itu datang ke webiste Anda adalah referring site.

Dari screenshot di atas, antara referring sites dan referring URLs jumlahnya lebih banyak referring URLs misal yang dari Google. Lantas perbedaannya apa?

Referring sites hanya menunjukkan dari situs mana pengunjung datang. Sedangkan referring URLs menunjukkan darimana pengunjung datang plus paramaternya.

Sebagai contoh, hari ini ada 10 visitor yang datang lewat Google.com ke blog kita, maka referring sitenya ya 10 itu (terdeteksi dari domain atau lokasi - IP address), berapa kalipun dia mengunjungi pada hari itu tetap dihitung 1.

Sementara dari 10 orang itu, 3 orang di antaranya mengunjungi kembali situs atau blog kita dua kali dengan kata kunci yang berbeda tetapi dari hasil pencarian di Google.com, dan ketiganya sama-sama melakunan pencarian yang sama. Kunjungan pertama misalnya dengan link .com/page/paijo.html lalu yang kedua dengan url .com/search/label/cara-memasak-nasi.html maka itu, maka referring URLs-nya dihitung total 13.

Jadi sekarang sudah mengerti ya?

Sebaiknya kita selalu perhatikan statistik blog kita, dan salah satu hal terpenting yang harus kita amati dengan cermat adalah referral URL (trafik) itu. Referral traffics, baik referral URL maupun referral site, adalah trafik yang datang ke blog kita dari sumber lain. Bisa saja link di satu blog, atau retweet di Twitter kita, atau pencarian di Google.

19 Responses to "Apa Itu Referring URLs dan Referring Sites di Blogspot?"

  1. tq infonya blog yang informatif, loadingnya cepet. kapan-kapan bolehlah berkunjung dan komen lagi ya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Sukses selalu ya gan.

      Delete
  2. Salam kenal, saya mau tanya gan. Caranya mendapatkan referring URLs google yang kebaca di histats gmn ya? soalnya ada temen saya yang mempunyai trafik dari referring URLs google, dan di pasang GA aman2 aja. Terus gmn dapatnya referring URLs google? saya cari2 belum ketemu, apa pake google adwords? tetapi ko ga kena banned google, kan di pasang GA..

    mohon jawabannya mas..

    kirim jawabnnya ke email saya sigit.haryadi@hotmail.com.
    maakasih

    ReplyDelete
  3. makasih infonya mas bro...
    ditunggu artikel lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama masbro. Sukses selalu dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ya.

      Delete
  4. Saya mau nanya jika misalkan kita klik sendiri refferingnya dengan sebanyak-banyakya apa yang terjadi? apakah blog kita reputasinya semakin bagus atau rendah tolong di jelaskan ya karna saya madih newbie? Terimakasih infonya sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari IP address yang sama, hasilnya tidak berpengaruh. Kalau dari ip address yang berbeda baru bagus.

      Delete
  5. Ouh gitu ya trimakasih gan atas jawbannya. Mau nanya lagi boleh ya hehe,
    Saya kmarin" baru bikin blog ni gan, pertanyaannya kalo mislakan saya beri backlink sebanyak"nya gimana tuh gan positif atau negatif karna blog saya masih baru. Kira" 1 minggu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink bagus mas, tapi kalau asal dan sebanyak-banyaknya nanti malah dianggap spamming. Dan salah satu cara untuk menghasilkan backlink yang dianggap bagus adalah memberi komentar di blog atau website orang dan meninggalkan jejak kita berupa blog atau web kita. Itu lebih aman.

      Delete
  6. thanks gan :) sangat bermanfaat menambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya ya Mas Arip.

      Delete
  7. Ternyata perbedaan antara keduanya cukup jauh juga mas Lintang. Sebelumnya sy pikir sama saja. Sekarang jadi tahu detail perbedaan antara situs perujuk dan url perujuk. Terimakasih atas pencerahannya Mas Lintang Sunu. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya juga karena tidak paham membaca statistik blog Bang Ali, lalu saya cari apa sih maksudnya. Dan ketemulah itu. Terima kasih. Sukses selalu juga utnuk Mas Ali ya.

      Delete
  8. berarti referring site = referring domain dan refering urls= refering pages. bener gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Sederhananya begitu Mbak Riva.

      Delete
  9. kalau pengertiannya ada 5 backilink di satu website kemudian itu dihitung satu referring domain. benarkah bgtu pengertiannya mas terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 5 backlink dan ada 5 orang yang mengunjungi kita lewat kelima backlink itu maka tentu 5 referring site yang berbeda. 1 backlink dari 1 website.

      Tetapi jika ada 6 orang yang mengunjungi website kita, dan dua orang datang dari satu backlink yang sama, tapi dari judul artikel yang berbeda, maka tetap dibaca 5 referring site, dan 6 referring URL.

      Semoga membantu ya Mas Mirza.

      Delete
  10. Mantap gan artikelnya bagis

    ReplyDelete