Apa Itu Referring URLs dan Referring Sites di Blogspot?

Bagi para peblogger di blogspot, saat membuka dashboard dan melihat statistik blog, di situ muncul ada Referring URLs dan Referring Sites. Apa sebenarnya Referring URLs dan Referring Sites?

Mungkin itu menjadi pertanyaan bagi banyak peblogger, khususnya peblogger pemula seperti saya. Apa perbedaan dari keduanya? 

Setelah browsing ke sana kemari, tanya sama Mbah Google, saya mendapatkan jawaban kira-kira seperti ini.

When a user clicks on a link in a web page, the user's browser moves to the specified link. When the browser requests the new page, it sends along the URL of the previous page. This "sent along" URL is called a referring URL. (Sumber: www.oclc.org)

Artinya bahwa ketika seorang user mengklik sebuah link di sebuah halaman website, maka browser user tersebut berpindah ke link spesifik tersebut. Ketika browser merequest halaman baru, browser mengirimkan URL yang berasal dari halaman sebelumnya. URL 'yang disertakan' ini disebut referring URL.

Sementara,sebuah website yang tercantum di laporan dari mana pengguna itu datang ke webiste Anda adalah referring site.

Dari screenshot di atas, antara referring sites dan referring URLs jumlahnya lebih banyak referring URLs misal yang dari Google. Lantas perbedaannya apa?

Referring sites hanya menunjukkan dari situs mana pengunjung datang. Sedangkan referring URLs menunjukkan darimana pengunjung datang plus paramaternya.

Sebagai contoh, hari ini ada 10 visitor yang datang lewat Google.com ke blog kita, maka referring sitenya ya 10 itu (terdeteksi dari domain atau lokasi - IP address), berapa kalipun dia mengunjungi pada hari itu tetap dihitung 1.

Sementara dari 10 orang itu, 3 orang di antaranya mengunjungi kembali situs atau blog kita dua kali dengan kata kunci yang berbeda tetapi dari hasil pencarian di Google.com, dan ketiganya sama-sama melakunan pencarian yang sama. Kunjungan pertama misalnya dengan link .com/page/paijo.html lalu yang kedua dengan url .com/search/label/cara-memasak-nasi.html maka itu, maka referring URLs-nya dihitung total 13.

Jadi sekarang sudah mengerti ya?

Sebaiknya kita selalu perhatikan statistik blog kita, dan salah satu hal terpenting yang harus kita amati dengan cermat adalah referral URL (trafik) itu. Referral traffics, baik referral URL maupun referral site, adalah trafik yang datang ke blog kita dari sumber lain. Bisa saja link di satu blog, atau retweet di Twitter kita, atau pencarian di Google.