7 Anjing Paling Setia Sepanjang Sejarah


1. Bobbie the Wonder Dog

Bobbie, anjing ajaib yang menjadi sangat terkenal di tahun 1920an setelah ia berjalan lebih dari 25000 mil selama 6 bulan untuk pulang ke Oregon setelah pemiliknya kehilangan Bobbie pada saat melakukan perjalanan. Setelah Bobbie mati pada tahun 1927, Rin Tin Tin menaruh untaian bunga di kuburannya.


2. Jofi, Milik Sigmund Freud 

Jofi adalah anjing piaraan Sigmund Freud. Dokter ini seringkali mengizinkan Jofi untuk ikut menghadiri sesi bersama para pasiennya, menuliskan di papernya betapa Jofi telah banyak membntu utnuk membaca mood para kliennya. Ketika pasien tenang, Jofi akan duduk dekat seingga klien bisa mengelusnya. Ketika mengkhawatirkan, maka Jofi akan menjauhinya.





3.  Shep

Patung Anjing Shep
Setelah tertinggal oleh juragannya naik kereta api di Fort Benton, Montana, AS, Shep mulai melakukan kunjungan ke depo kereta api selama waktu-watu kedatangan kereta. Para staf kereta api tahu bahwa anjing ini menunggu sesuatu, yakni juragannya. Setiap kereta api datang, ia selalu menunggu, menunggu jika saja majikannya turun dari kereta. Ini dilakukan selama hampir 7 tahun, hingga pada 12 Januari, saat Shep menunggu di bantalan kereta api, ia tertabrak dan mati. Setelah kematiannya, hampir semua orang di Benton mengunjungi kuburannya.


4. Fido

Fido adalah anjing milik salah satu anggota angkata perang Axis. Setelah majikannya meninggal karena pesawatnya ditembak pada Perang Dunia II, Fido selalu mendatangi tempat pemberhentian bus selama 14 tahun. Tempat pemberhentian bus itu adalah tempat pertama di mana Fido ketemu dengan majikannya, Carlo Soriani.


5. Lao Pan

Anjing Lao Pan di pemakaman tuannya
Lao Pan, seorang pria cina berusia 68 tahun meninggal pada November 2011, satu-satunya anggota keluarga yang dimilikinya adalah seekor anjing yang selalu menemani di masa hidupnya. Anjing yang merasa sedih ditinggalkan oleh pemiliknya, memutuskan untuk tinggal di makam pemiliknya dan menolak untuk meninggalkan makam tersebut selama 7 hari tanpa makanan. Kemudian, ada penduduk desa yang memperhatikan anjing tersebut dan mulai membawakan makanan dan air ke makam tersebut. Bahkan, mereka berencana untuk membangun sebuah kandang di dekat makam untuk si anjing setia. 

6. Hachiko 

Anjing Hachiko
Hachiko seekor aning yang terus menerus setiap harinya mengunjungi tempat pertama kali bertemu dengan majikannya, di sebuah stasiun kereta selama 9 tahun hingga Hachiko sendiri mati. Sejumlah novel, cerita pendek, buku-buku anak-anak, dan filmm telah menceritakan kembali kisah Hachiko ini. Film yang paling terkenal di Barat adalah film Hachi: Kisah Seekor Anjing, yang dibintangi Richard Gere dan syuting mulai dari Tokyo hingga Connecticut. 



7.  Capitan 

Anjing Capitan
Selama 6 tahun, anjing gembala Jerman dari kaki gunung di Argentina ini terus menerus menungungi kuburan tuannya setiap malam. Secara misterius, hal ini tida diketahui oleh keluarganya bagaimana Capitan mengidentifikasi makam itu pertama kali. Anjing ini tidak hadir pada proses pemakaman tuannya. Setelah kembali dari makam di hari Minggu keluarga pemilik anjing mengetahui perilaku murung Cpaitan. Penjaga makam mengatakan bahwa hari pertama anjing itu muncul, melihat Capitan berputar-putar sebelum menemukan makam tuannya.