Delapan Tips Penting untuk Mengatasi Rasa Malu dan Membuat Kesan yang Baik

Banyak dari kita yang berandai-andai kita adalah salah satu dari orang yang berjalan menuju ke sebuah ruangan dan kemudian berteman cepat dengan yang ada di ruangan itu. Siapapun akan sepakat bahwa mereka itu akan dengan mudah mencari teman baru dan mungkin sekali akan lebih mudah merasa senang dibandingkan dengan mereka yang malu-malu dan sangat sulit mendapatkan teman. 

Sedikit sekali dari kita yang tahu membuat kesan positif itu jauh lebih mudah dari yang kita kira. Tetapi sebelum dibahas lebih lanjut, mari kita lihat sedikit rahasia ini:

Sebenarnya setiap orang itu juga punya rasa malu seperti Anda juga.

Siapapun di dunia ini! Sebagian telah belajar sedikit lebih pintar untuk menyembunyikan atau sekedar mengabaikan rasa malu tadi, tetapi pada dasarnya setiap orang memiliki rasa takut dan keraguan diri.

Sebenarnya perlu disadari bahwa seberapa pun malunya Anda, orang yang membuat Anda gugup saat Anda akan memperkenalan diri Anda kepadanya itu sebetulnya sama malunya dengan Anda. Tetapi, rasa malu itu bisa disingkirkan jika Anda mengambil langkah pertama. 

Berikut 8 tips penting untuk mengatasi rasa malu dan menciptakan kesan baik:

1) Perkenalan Diri Anda Sendiri

Ini terdengar begitu mendasar, tetapi banyak orang yang nampak malu melakukannya! Misalnya saja Anda sedang berdiri di dekat seseorang di sebuah pesta, atau Anda menghampiri teman Anda yang sedang bersama orang lain tetapi ia lupa untuk memperkenalkan diri Anda. Sedikit rasa malu yang mengubah ego ita akan memberitahu kita tidak ada seorang pun yang ingin tahu nama kita dan kita sebaiknya diam saja. Saya jamin bahwa senyuman lebar dan ungkapan sederhana "namaku kosong, siapa namamu?" itulah yang perlu Anda lakukan akan bola pun bergulir. Lakukan langsung saja, karena semakin lama Anda menunggu, maka semain sulit pula akan Anda rasakan. 

2) Tidak Perlu Merasa Anda Harus Mensyaratkan Diri Anda Sendiri

Kita semua pernah merasa dalam situasi di mana harus berpura-pura membuang rasa sakit saat ada teman baru kita hanya untuk menunjukkan betapa luar biasanya dia, betapa hebat pekerjaanya, betapa cantik kekasihnya, tetapi itu tidak akan meninggalkan kesan yang baik. Namun, ketika kita dalam situasi sosial yang penuh tekanan, tiba-tiba godaan untuk menunjukkan bahwa kita berharga di matas masyarakat, itu merupakan sesuatu yang tepat. Deskripsi yang sederhana tetapi tepat saat ditanya adalah yang dibutuhkan saja, dan jika Anda membuat orang lian merasa nyaman tentang Anda, maka itulah penanda sosial yang terbaik dari semuanya.

3) Lebih Banyak Bertanya, Kurangi Bicara

Orang senang membicarakan dirinya sendiri. Ini merupakan topik yang paling menarik di dunia ini. Tahukah Anda cara terbaik agar orang lain senang menjadi teman Anda? Banyaklah bertanya yang mengarah padanya untuk menceritakan tentang dirinya. Dan kemudian dengarkan dengan minat yang kuat. Sesederhana itu. Dan jika Anda khawatir bahwa Anda tidak punya bahan yang bisa ditanyakan, tanyakah saja pada kenalan baru Anda misal isi burger yang paling ia sukai apa. 

4) Bermurah Hatilah

Di sini kita tidak akan membahas tentang membeli minuman atau manakan, tetapi bermurah hati dalam pendapat Anda. Akan terlalu mudah untuk menghakimi seseorang yang mengatakan hal-hal yang salah atau bertindak sedikit berbeda dari yang kita harapkan. Akan tetapi, kita semua pernah mengalami hari-hari ketika kita membuat kesan pertama yang sangat buruk dengan membuat lelucon atau hanya mengatakan sesuatu yang salah karena grogi atau karena kelirunya lidah. Jika Anda menyimpan saja penghakiman itu dan luangkan watu untuk membuat orang itu nyaman, maka Anda sebetulnya bukan hanya sedang memperluas karma baik tetapi juga rasa terima kasih mereka yang abadi kepada Anda. 

5) Jangan Menilai Buku dari Sampulnya

Jangan menilai seseorang seperti nampaknya. Misal, jangan menilai seseorang jika orang itu bertampilan dingin berarti ia lebih baik dari Anda atau tidak punya waktu untuk Anda. Hal itu mungkin bisa saja terjadi di SMA, tetapi untungnya tipe perilaku seperti jarang ada di dunia nyata ini. Jika orang itu berperilaku dingin barangkali dia merasa sangat malu dan tidak nyaman. Ingat itu dan jangan diambl hati jika seseorang tidak merespon sehangat yang mungkin Anda harapkan. 

6) Ingat Secara Rinci

Setiap orang ingin merasa dirinya istimewa, dan dan kita semua mencari seseorang untuk menunjukkan bukti bahwa kita memang spesial. Jika Anda kenal seseorang sebelumnya, dengan mengingat namanya dan detail tentang dia akan menjadi hadiah terindah yang bisa Anda berikan kepadanya. Mungkin ini sulit, tetapi ketika Anda mencoba mengambil kendali atas kendali sosial ini, itu akan menjadi lebih mudah.

7) Puji Orang Lain

Saya tidak menganjurkan untuk memuji seseorang hanya semata memuji, tetapi itu karena Anda benar-benar menyukai sesuatu darinya dan pujilah dan katakan padanya bahwa Anda menyukainya! Siapapun senang dipuji, pujian bisa digunakan untuk memulai sebuah pembicaraan dan membuat orang percaya diri. Dan ternyata perempuan itu lebih mudah untuk memuji, tetapi pujian dari lawan jenis tidak pernah gagal untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. 

8) Pikirkan Orang Lain

Dalam kehidupan bermasyarakat, berhentilah untuk memikirkan diri sendiri dan cobalah memikirkan orang lain. Ketika seseorang ingin terlibat dalam pembicaraan Anda maka bantu agar ia mudah masuk ke dalam pembicaraan Anda. Jelasnya, abaikan diri dan buat orang lain merasa nyaman. Mereka benar-benar akan terterima kasih dan Anda akan merasa nyaman pula!