Berbahagia Adalah Tanggung Jawab Kita Sendiri

Sering kita merasa kecewa, kesal, dan sedih karena tindakan orang lain yang tidak sesuai dengan harapan kita, karena tindakan orang lain yang kita anggap merugikan kita. Meskipun tidak sepenuhnya salah, tetapi sumber kebahagiaan utama sebenarnya bukanlah orang lain tetapi diri kita sendiri.

Ada kata-kata bijak yang mengatakan: 

"Jangan bersandar pada orang lain atas kebahagiaan dan penghargaan diri Anda. Hanya Anda yang bertangung jawab untuk itu: kebagiaan dan penghargaan diri Anda sendiri. Jika Anda tidak bisa mencintai dan menghargai diri sendiri, maka tidak ada orang lain yang bisa membuatnya terjadi. Terimalah diri Anda sendiri apa adanya, sepenuhnya, baik ataupun buruknya dan lakukan perubahan yang Anda anggap sesuai, bukan karena yang Anda kira agar nampak berbeda di mata orang lain."

Be yourself! Jadilah diri Anda sendiri. Hidup ini akan menyenangkan jika kita tidak berpura-pura menjadi orang lain. Tampil apa adanya. Tunjukkan diri Anda yang sebenarnya. Jangan pernah mencoba menjadi orang lain agar Anda dihargai dan dihormati.

Pengalaman saya pribadi, saya pernah dalam jangka waktu yang cukup lama bertindak sebagai diri yang bukan Lintang sebenarnya. Saya berusaha tampil perfect sebagaimana yang dimaui orang. Tetapi akhirnya saya sendiri merasa tidak bahagia, merasa tidak nyaman. Saya tidak menemukan diri ini sebagai seorang Lintang.

Perhatikan seorang aktor. Saat mereka memainkan peran, mereka mengalami kesulitan untuk memerankan aktor sesuai alur ceritanya. Mengapa? Karena mereka harus tampil menjadi pribadi yang bukan dirinya. Ia tidak bisa sepenuhnya menjiwai perannya itu. Bahkan dalam proses aktingnya itu, dia butuh waktu untuk berlatih, mengulang-ulang, sehingga apa yang kita lihat di layar kaca itu sebenarnya adalah hasil dari proses latihan dan pengulangan yang sangat lama. 

Apakah mereka bahagia menjadi orang yang ia perankan? Tidak! Jika dia bahagia, tentu mereka akan terus menjadi orang yang ia perankan, dalam kehidupan nyatanya. Jadilah diri yang bisa Anda lihat wajahnya saat berdiri di depan cermin.

Be yourself, take you as you are, love yourself as you should do. And never pretend to be others. Those are the keys to be happy. Don't you believe me? Try it on!