Apakah Benar Aku Ini Sanguinis?

Tadi aku berbincang lewat chat dengan salah satu teman onlineku yang pernah jumpa darat. Dia seorang wanita yang bersuami, tapi jangan dianggap ada hubungan apa-apa, yang karena dia sangat baik sekali dan bahkan menganggapku sebagai saudara. Ketemu satu kali, tapi kami sering berbagi cerita, baik bisnis ataupun kehidupan yang sifatnya umum. 

Tadi saya berbincang sedikit masalah binsis online dengannya. Berbincang ngalor-ngidul, dan saat aku menunjukkan blog binsisku www.bisnis-paydotcom.blogspot.com ia berkata begini:


barusan aq baca mas.. keren.. mas mmng pembisnis sejati.. aq yakin 100% mas pasti sukses.. 

Lalu aku jawab: Hehhehehhee... Darimana mbak kok dibilang pebisnis sejati? Kalau pebisnis berarti seharusnya sudah sukses mbak.
Dia berkata lagi: aq yakin 100% mas pasti sukses.. jiwa mas sanguinis puol.. jga didukung dgn  kognitifmu yg aktif smuanya mas sdh punya..hanya tiggal mnemukan kartu ASmu aja..

Aku jawab lagi: Duh lupa lagi apa itu sanguinis mbak?

Dia jawab: ywis pokoknya itulah.. hhe... yg berhubungan dgn jiwa pemimpin dan kepemimpinan..

======================================
Sifat-Sifat Umum Sanguinis
Secara umum seorang sanguinis memiliki sifat-sifat humoris, periang, hangat, menyenangkan. Dia adalah pribadi yang terbuka, gampang memberikan kata sambutan, pandai berbicara, dan bahkan sering mendominasi pembicaraan. Dengan sifat ini maka dia dijuluki super ekstrovert.
Saat berada dalam kelompok dia akan membawa suasana kelompok menjadi hidup, mengangkat semangat kelompok. Dia akan menjadi daya tarik dalam kelompok karena pandai berbicara dan memiliki selera humor yang tinggi. Dia akan menceritakan sesuatu hal menjadi lebih dramatis dari pada sebenarnya.
Sanguinis akan selalu mempunyai kawan karena sangat spontan dan terbuka. Dia akan sangat mudah mendapatkan kawan baru dan langsung akrab seperti kawan lama. Cerita dan leluconnya tidak pernah habis. Dia akan menjadi super star diantara komunitasnya. Terkadang dia lebih banyak berbicara tanpa dipikirkan lebih dahulu tetapi karena memiliki ketrampilan berbicara yang baik maka teman-temannya akan memperhatikannya.
Profesi Sanguin.
Seorang sanguin memiliki karisma alamiah, maka ia sangat lihai dalam penjualan bisa diibaratkan” mudah menjual lemari es kepada orang eskimo”. Pada umumnya penjual yang sukses besar berasal dari tipe sanguinis.

Selain menjadi penjual ,sanguin juga sangat berbakat dalam bidang MC,aktor, penghibur, penceramah,pemimpin lelang. Hal ini dikarenakan sifat alamiahnya dan kemampuan komunikasi yang sangat baik dan supel dalam bergaul.
Bila sanguin bekerja sebagai perawat atau dokter ia akan dengan mudah memberikan dorongan semangat pasien untuk sembuh. Dengan senyum yang khas dan ramah pasien menjadi senang dan terhibur sehingga lupa sakitnya.Kontribusi sanguin yang paling besar adalah membuat orang lain menjadi berbahagia.
Kelemahan Sanguin
Kemauan lemah dan kurang disiplin.
Walaupun orang sanguin menyelesaikan pendidikan tingginya tetapi banyak yang tidak bisa mencapai kemampuan puncaknya. Karena sifat ceria dan mudah bergaul maka ia sering tergoda untuk melakukan hal-hal yang bukan prioritasnya sehingga dia sering keteteran pada hal-hal yang penting. Disiplin yang lemah juga berakibat pada selera makan yang tinggi dan menyebabkan obesitas. Maka seorang sanguin sangat memerlukan prinsip-prinsip moral yang sangat kuat.
Emosi yang labil.
Sanguin memiliki emosi yang tidak stabil, ia mudah menjadi marah, wajah merah padam dengan suara yang berteriak keras. Hanya melankoliklah yang melebihi emosional sanguin. Walaupun ia mudah meledak tetapi ia tidak pernah menyimpan emosinya dalam hati. Maka banyak orang yang sakit hati dengan sanguin tetapi sanguin sudah lupa dengan kejadiannya.
Egois
Sanguin sangat mahir bercerita kepada teman-temannya. Salah satu cerita favoritnya adalah cerita tentang dirinya sendiri. Ia lebih banyak mengabaikan cerita orang lain karena dianggap kurang menarik. Maka sanguin bukanlah seorang pendengar yang baik.
Tidak teratur.
Seorang sanguin bukanlah perencana yang baik, ia lebih banyak melakukan tindakan saat masalah datang. Ia tidak pernah berfikir tentang jangka panjang dan tidak pernah melihat kekawatiran sehingga terkesan juga tidak waspada pada kejadian sehingga tidak siap menghadapi kejadian. Bila melihat kamarnya akan nampak berantakan, tumpukan pakaian, kertas berserakan, dokumen tidak teratur sehingga saat membutuhkan sesuatu akan kesulitan.
Perasaan tidak aman.
Sanguin memiliki kekawatiran akan kegagalan, takut ditolak dan takut mendapatkan persetujuan. Maka sanguin menutupinya dengan mempengaruhi dengan banyak berbicara di depan orang lain.Kekawatiran ini bagi sanguin intensitasnya akan menjadi dua kali dari tipe lain.
Kata hati goyah.
Sanguin memiliki kemampuan berbicara yang baik maka dia sangat mudah mempengaruhi orang lain. Sanguin akan dengan mudah meyakinkan sesuatu hal walaupun sebenarnya itu hal yang tidak benar. Maka tidak mengherankan bahwa orang tipe sanguin sering berbohong dan sering selingkuh pada pasangannya. Namun demikian kebohongan seperti ini biasanya tak bertahan lama karena pada dasarnya ia tidak bisa menyimpan rahasia.
Pada umumnya manusia merupakan perpaduan dari beberapa tipe kepribadian, namun demikian setiap orang akan memiliki ciri dominan yang merupakan pembeda dengan yang lainnya.

Sumber: www.hypnofrans.com

==================================================================

Sebagian besar itu memang mencerminkan diriku, tetapi ada beberapa hal yang bukan saya. Saya tidak takut gagal, saya tidak takut orang mau setuju sama saya atau tidak jika saya punya tujuan yang saya yakini benar. 

Semprul.... aku dibilang mudah selingkuh, aku manusia paling setia di muka bumi. Kalau kamarku awut-awutan iya. Makanya aku pening punya istri yang rapih.

Saya sanguinis? Hahahahaha... berarti benar kata teman saya yang mengatakan dengan bahasanya, "Kowe lho kencleng!Kencleng itu sinting artinya. Berarti orang Sanguinis itu orang sinting ya? Gak apa-apa sing penting masih hidup. Hidup sanguinis!!!!!!