Mobil-Mobil Sedan Kompak Buatan Jepang

Mobil keluarga kecil/mobil kompak dapat digolongkan pada sedan-sedan paling kecil. Mobil dengan kategori ini biasanya memiliki panjang sampai 3.900 mm. Mobil kompak biasanya memuat sampai 5 penumpang dewasa dan memiliki mesin mulai dari 1.4L sampai 2.2L, dan di beberapa negara bisa sampai 2.5L. Mobil jenis ini biasanya adalah jenis mobil paling populer.

Tetapi, kini Jepang mulai melirik pangsa pasar yang lebih luas lagi, dengan membuat varian sedan kompak yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil, yakni 1,2 L.

1. Honda Amaze

Honda sebagai pabrikan otomatif terbesar di Jepang telah merilis Honda Brio, sebagai mobil hatchpack termurah. Setelah sukses, Honda kini merilis varian dari jenis Honda Brio yang berbentuk sedan, dengan nama Honda Amaze.

Mobil ini memiliki panjang 3,990 meter, mempunyai mesin yang sama dengan Brio, yakni i-VTEC berkapasitas 1.200 cc. Unit ini mampu memproduksi tenaga sebesar 90 dk pada 6.000 rpm dan memiliki torsi sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm. Untuk transmisinya, terdapat dua pilihan,, yakni manual 5 speed dan CVT. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 20 km/liter.

Dilengkapi dengan sistem gearbox manual 5-speed, Brio Amaze tipe S dibanderol 454.000 Baht dan 482.000 Baht buat Brio Amaze tipe V. Untuk Brio Amaze transmisi otomatis CVT, dibanderol dengan harga 493.000 Baht dan 521.000 Baht atau sekitar Rp. 146 juta.

Untuk sementara Honda Brio Amaze baru tersedia di pasar Thailand saja. Namun rencananya mobil ini juga akan diluncurkan di India dengan nama Amaze. Bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu saja.

2. Mitsubishi Mirage Sedan


Mitsubishi memastikan kehadiran Mirage sedan di New York Auto Show, Maret 2013, seperti diberitakan Indianautosblog 3 Desember 2012. Dikabarkan pula model baru itu menggunakan mesin 1,2 liter, 12 katup, DOHC  yang dipasangkan dengan pemindah tenaga CVT. Harganya, berada di kisaran 15.000 dolar Amerika Serikat atau Rp 144 juta.


Mitsubishi memperkenalkan Mirage hatchback di Amerika Serikat September lalu. Kelebihan Mirage yang dijual di AS - sama dengan yang di Jepang - dilengkapi dengan sistem start/stop.  Mirage yang dibuat di Thailand, sejak mulai dijual Apri lalu, telah terjual 20.000 unit. Selain di Asia, Mirage juga telah melanglang ke Eropa

0 Response to "Mobil-Mobil Sedan Kompak Buatan Jepang"